Langsung ke konten utama

Pameran Perpusnas di Indonesia Butuh Anak Muda

Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mendukung gerakan Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM). IBAM ini digagas oleh Najwa Shihab yang notabene adalah Duta Baca Indonesia (Lihat berita Kembali Jadi Duta Baca Indonesia, Ini Tugas Penting Najwa Shihab).


Acara peluncuran IBAM diselenggarakan pada tanggal 19 Februari 2019 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Perpusnas mempromosikan layanannya kepada 2000 anak muda yang menghadiri acara tersebut. Lihat berita Perpusnas Partisipasi Dukung Gerakan IBAM. Promosi dilakukan, salah satunya, dengan membuka stand pameran.

Saya diminta untuk menggawangi tim pameran yang terdiri dari pegawai Perpusnas yang belum lama dilantik menjadi PNS. Stand dibangun atas desain yang telah disepakati di tanggal 18 Februari 2019. Di tanggal tersebut juga dilakukan technical meeting dengan pihak Narasi TV.

Sumber Foto: Tim Pameran Perpusnas










Desain dirancang agar terbuka dengan gaya anak muda. Partisi digunakan hanya dibagian belakang sebagai background. Tiga Ipad dan dua tablet Samsung digunakan untuk mempromosikan iPusnas, e-Resources, dan Indonesia OneSearch. Lima perangkat tersebut juga digunakan untuk anak muda yang mendaftar keanggotaan Perpusnas. Selain itu dibawa seperangkat laptop, kamera webcam, printer kartu, kartu anggota, dan standing PC untuk mencetak kartu anggota Perpusnas. Sebagai dresscode, pemandu stand menggunakan kaos "Generasi Milenial" dan menggunakan bawahan jeans, serta sepatu sportif.


-Arief Wicaksono-
Pustakawan Ahli Muda
Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Lokakarya Penyusunan DUPAK Pustakawan

Pengurus Pusat Ikatan Pustakawan Indonesia (PP IPI) menyelenggarakan Lokakarya Penyusunan DUPAK (Daftar Usulan Penilaian Angka Kredit) Pustakawan pada tanggal 5-6 November 2019 di Aula Perpustakaan Nasional RI, Jl. Salemba Raya No. 28A, Jakarta. Di hari pertama, tanggal 5 November, Lokakarya didahului dengan panel yang menjadi pengantar sebelum memasuki materi DUPAK dan praktek penyusunan DUPAK di hari kedua. Sumber foto: Dokumentasi PP IPI Saya, yang juga sebagai anggota Komisi Penerbitan PP IPI, menjadi moderator dengan  narasumber, yaitu Lucya Dhamayanti, Titiek Kismiyati, dan Suharyanto. Lucya Dhamayanti membawakan materi Peran IPI dalam Pengembangan Pustakawan , Titiek Kismiyati membawakan materi Jabatan Fungsional Pustakawan sebagai Profesi Pilihan , dan Suharyanto membawakan materi Rencana Tindak Lanjut Lokakarya . Ketiga narasumber ini adalah Ketua-Ketua Komisi PP IPI. Lokakarya ini dibimbing langsung oleh Pustakawan Ahli Utama (PUSTAMA) Perpustakaan Nasional RI,

Seminar Nasional Pengembangan Sumber Belajar bagi Pengelola Perpustakaan, Dosen, dan Mahasiswa di Era Pandemik Covid 19

Perpustakaan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Jakarta 3  menyelenggarakan Seminar Nasional  Pengembangan Sumber Belajar bagi Pengelola Perpustakaan, Dosen, dan Mahasiswa di Era Pandemik Covid 19 . Seminar diselenggarakan menggunakan aplikasi Zoom, aplikasi webinar, pada tanggal 8 Mei 2020, pukul 08.00 - 11.35 WIB. Peserta berasal dari mahasiswa, dosen, dan pengelola perpustakaan Poltekkes dari seluruh Indonesia. Saya ikut menjadi narasumber dalam seminar tersebut bersama dua narasumber lainya, Prof. Andi Ardiansah dan Dr. B.S. Wibowo. Rekaman livestreaming seminar ini dapat dilihat di  https://www.youtube.com/watch?v=tLO1opIvGLQ&t=6065s . Saya membawakan materi Peran Pustakawan Referens Virtual dengan Memanfaatkan Sumber-Sumber Belajar dari Perpustakaan Nasional RI. Materi saya secara umum menyederhakanan peran pustakawan di masyarakat, yaitu menyediakan koleksi dan membantu penelusuran informasi berdasarkan kebutuhan informasi masyarakat. Klik disini untuk melihat papara